Cara cepat membaca artikel jurnal

Sebuah artikel jurnal terdiri dari puluhan bahkan ratusan daftar pustaka apalagi artikel review ada yg referensinya sampai 500 jurnal, misalnya yg sering terdapat pada Russian Chemical Reviews. Mungkin terpikir bagi kita bagaimana mereka baca literatur sebanyak itu, 500 jurnal x 10 hal saja sudah 5000 hal. Kalau orang Indonesia yg baca & harus dimasukkan pula ke google translate maka perlu berbulan-bulan menerjemahkan, belum lagi waktu untuk membaca dan menulisnya menjadi referensi jurnal. Berdasarkan pengalaman maka tip membaca cepat mengutip cepat :
(1) simpan file jurnal dengan nama belakang penulis utama & tema besar dari isi jurnal agar mudah dicari saat menulis daftar pustaka. Saat ini sudah ada software mendelev dpt melakukan nya secara otomatis
(2) baca judul, kemudian abstrak, terjemahan & simpan dlm tabel Exel agar mudah disort. Dalam tabel ini tulis juga nama & inisial penulis utama serta tahun terbit. 

(3) artikel jurnal tdk mesti dibaca secara keseluruhan tetapi tergantung kebutuhan. Paling sering hanya sampai abstrak saja karena hasil penelitian sudah ada disitu. Namun jika turut mengutip metode maka bagian procedure perlu dibaca & dikutip. Pembahasan perlu dibaca manakala ingin melihat bagaimana pengolahan data & alur argumentasi penulis. Kesimpulan dan rekomendasi perlu dibaca untuk mendapatkan ide Penelitian lanjutkan. Sedangkan daftar pustaka perlu dibaca untuk mencari jurnal atau literatur lain yg berkaitan dari internet.
(4) setiap saat menulis kutipan, saat itu pula tulis daftar pustaka agar tdk pusing mencari artikel jurnal aslinya.
(5) walaupun gaya kutipan diminta menggunakan nomor tapi dalam text (paragraf) jangan hanya tulis nomor melainkan tulis juga nama penulis untuk memudahkan menyesuaikan manakah terjadi lompatan nomor. Software mendeley dapat dipelajari terutama untuk menata literatur yg mencapai ratusan.