Menemukan scope jurnal yang sesuai

Salah satu alasan penolakan artikel masuk ke suatu jurnal adalah karena tidak sesuai scope jurnal tersebut. Dengan kata lain artikel yang dikirim di luar bidang kajian jurnal. Scope Journal ialah bidang atau cabang ilmu yang menjadi fokus penerbitan Journal. Artikel tentang ilmu pertanian biasanya ditolak diterbitkan di bidang teknik kimia. Artikel tentang budaya mungkin akan ditolak di jurnal pendidikan. Kalaupun scopenya sesuai tetapi kebiasaan model pembahasan penelitian dapat menjadi alasan penolakan. Penelitian tentang agronomi, lazimnya datanya banyak ulangan (replikasi) & menggunakan analisis statistik multivariance hal itu tidak lazim untuk ilmu kimia. Penelitian tentang sains material  biasanya menghasilkan produk yg banyak (beberapa gram) sangat berbeda dengan penelitian bahan alam yg hasil nya dalam miligram & tidak ada ulangan. Kalau salah masuk maka akan direview oleh yang bukan bidangnya maka komentarnya: "tidak ada analisis statistik, atau tidak ada ulangan dll" akhirnya ditolak. Berikut beberapa ide untuk mencari scope jurnal yang sesuai dengan artikel yang akan dipublikasikan ;
(a) gunakan jasa Journal finder kalau ingin masuk ke jurnal elsevier. Pada web dpt dilihat kalau paper diterima maka ada pilihan bayar $2500-3500 untuk open akses atau free tapi tdk bisa dikutip tdk ada volume & halaman (diembargo) selama 24 bln.

https://journalfinder.elsevier.com

(b) cara lainnya diperhatikan daftar pustaka artikel yg sedang ditulis, dilihat jurnal mana yg dominan dikutip, maka jurnal itu dijadikan target. Setelah dapat nama jurnal nya yg menjadi target maka cari informasi lebih detail tentang jurnal itu.

(c) baik cara a maupun cara b, maka scope jurnal masih perlu dicek lagi dengan scimagojr.com. Disalin nama jurnal atau nomor  ISSNnya dan dicari di web  scimagojr.com. Dari ini dapat diketahui scope, nilai Q,  h-index dll. Makin tinggi h-index biasanya makin tinggi nilai Q, makin selektif & makin sukar masuk.

http://scimagojr.com/

(d) jika scope sudah sesuai maka dicari website jurnal digoogle & diikuti petunjuk penulisan (author guide)nya sebelum paper dikirim.

Wallahu'alam