Bagaimana mendapatkan ide penemuan (invensi)

Penemuan atau invention (invensi) merupakan hasil ciptaan yang berupa produk atau proses baru yang pertama kali ditemukan atau diperkenalkan. Thomas Alfa Edison adalah inventor, penemu bola pijar listrik. Sedangan inovasi berkaitan dengan kreasi terhadap produk atau sistem yang sudah lebih dulu ada. Steve Job & Bill Gate termasuk kelompok innovator yang memadukan beberapa perangkat & program komputer sehingga lebih mudah digunakan. Sejalan dengan perkembangan zaman semakin sukar dibedakan antara invensi & inovasi, terutama invensi sederhana tapi dari aspek bisnis produk inovasi lebih dekat kearah komersialisasi dari pada produk invensi. Contoh invensi sederhana dapat berupa penemuan lem atau pipa paralon yang dapat mendeteksi kebocorannya. Tidak semua invensi berupa produk melainkan dapat juga berupa metode dan tidak semua invensi mencapai komersialisasi. Misalnya invensi metode sintesis senyawa kimia banyak yang tidak sampai pada komersialisasi tetapi hanya sebatas pengukuan sebagai paten. Justru invensi yang lebih sederhana seperti kertas notes "post it" mendapatkan loyalti ratusan milyar dari hasil komersialisasinya.

Invensi dapat muncul dari hasil penelitian yang lama sebagaimana yang dilakukan oleh Thomas Alfa Edison dan ilmuwan lainnya. Tidak jarang juga invensi ditemukan secara tidak segaja atau secara kebetulan. Goodyear penemu ban kendaraan, menemukan cara mengeraskan getah karet pada saat dia memanaskan getah kemudian tumpah serbuk belerang ke dalam adonan di labnya. Setelah dingin dia mengamati getah menjadi sangat keras tidak seperti biasanya. Demikian juga Percy Spencer menemukan microwave oven saat dia memeriksa tabung magnetron yang melepaskan gelombang microwave untuk kegunakan alat radar. Tiba-tiba dia menyadari makanan coklat dalam sakunya meleleh. Tapi yang meleleh hanya sebagian yang mengarah langsung ke sumber microwave. 

Bagaimana ide penemuan dapat muncul? kiranya menarik untuk dicoba beberapa tip para pakar. Disadur dari beberapa tulisan, ternyata para inventor memulainya dengan brainstorming sesuatu ide yang dapat menjadi solusi terhadap kekurangan suatu produk atau proses. Setiap ada masalah terhadap teknologi maka disana terdapat ide penyelesaiannya. Sebagai contoh pada saat terasa susah mengganti bohlam (bola pijar) di plafon yang tinggi, maka muncul invensi sederhana yaitu mencipta jolokan penukar bola lampu. 

Brainstorming dapat berupa aktivitas menulis semua ide yang terpikir, dan terus dipikirkan yang terbaik dengan cara merevisi ide sebelumnya. Ide terbaik hampir tidak mungkin muncul secara instant tapi melalui proses perbaikan dan pembaharuan. Diperlukan  cara berpikir fleksibel  sehingga memungkinkan mempertimbangkan segala solusi dari  sudut pandang yang berbeda-beda. Berpikir kritis perlu dilakukan sehingga memungkinkan dapat membandingkan berbagai solusi, memecahkan masalah menjadi unit-unit kecil, melihat  aspek-aspek berbeda dari suatu masalah. Menyempurnakan keterampilan berpikir dapat dilakukan dengan menggunakan waktu yang cukup untuk meobservasi objek di sekitar atau proses pembuatan suatu produk, berusaha memikirkan suatu ide dalam waktu yang terbatas untuk mengasah proses  berpikir. Berpikir positif diperlukan untuk mencegah keputus-asaan, bersabar dan menyadari betul bahwa tidak ada yang sangat sempurna dan perlu waktu untuk mencapai kesuksesan. 

Sebagai contoh praktis menemukan ide invensi ialah dengan perhatikan selama 10 menit kehidupan orang yang sudah uzur, maka akan muncul berbagai ide teknologi yang membantu kehidupan mereka. Mereka memerlukan sistem keamanan di rumah dan di luar rumah terutama mereka yang hidup sendirian. Berbagai teknologi dapat dirancang untuk lansia (lanjut usia) termasuk fasilitas khusus di kamar mandi, di kamar tidur, di dapur, alat pengolah makanan, kenderaan, olah raga, kebun dll. Sebelum mencipta sesuatu maka terlebih dulu, perlu mengeksplorasi produk yang sudah ada dan mereview paten yang relevan untuk menjaga kebaruan invensi. Kalau pun produk yang sama sudah ada maka pasti ada sisi lain yang dapat ditingkatkan.

Wallahua'lam