Keterampilan di era digital


Revolusi Industri (RI) 4.0 yang ditandai berkembangnya industri yg banyak memanfaatkan jasa internet telah menjadi perhatian para ilmuwan tentang kesesuaian kurikulum yang ada dengan perkembangan teknologi ini. Jika tdk segera diantisipasi maka lulusan akan semakin sukar mendapatkan pekerjaan karena ilmu & keterampilan-keterampilannya tidak sesuai dengan kebutuhan pasar era digital. 

Beberapa keterampilan di era digital menurut Crockett, L.W yang dimodifikasi ialah : (1) Keterampilan terhadap personal branding, yaitu kemampuan mempromosi diri sendiri melalui website, bog & media sosial. Contohnya Abdul Somad menjadi sangat terkenal disebabkan ada yang menggunggah ceramah video nya yg kocak tapi berisi di YouTube. Padahal hal itu bisa dilakukan sendiri tanpa harus menunggu jasa orang lain. (2) Portofolio branding, yaitu mempromosikan karya sendiri melalui media. Karya seni, barang & jasa, keterampilan khusus, dapat dipromosikan oleh siapa saja di media sosial, blog & website. (3) kemampuan mencari data atau informasi, mengolah & memanfaatkannya. Seseorang yang mampu menemukan tren kesukaan konsumen pada produk atau jasa tertentu, maka dia dapat menjual barang atau jasa ke mereka. (4) Praktek mengutip karya atau pengakuan orang lain dengan cara yang benar untuk menyakinkan orang lain terhadap pengakuan produk, jasa atau karya ilmiah yang mereka hasilkan. (5) Kemampuan mengedit gambar & video karena periklanan memiliki standar yang tinggi terhadap estetika & kualitas gambar/video. (6) Keterampilan mengkonversi file komputer, karena pengiriman file harus mengikuti format file yang sesuai. (7) Kemampuan mengcoding atau membuat instruksi yang dipahami komputer atau mesin. Misalnya perintah saat pintu mobil dibuka paksa, maka berbunyi alarm. Perintah yang dipahami oleh oven microwave bahwa ia hanya akan menyala bila pintu sudah ditutup. (8) Keterampilan berkomunikasi secara tertulis di blog, website atau media sosial, termasuk dengan bahasa internasional. (9) Keterampilan mempresentasikan karya dengan menarik & mudah dipahami. (10) Kemampuan membuat website. Begitu website berkembang pesat maka persaingan terhadap keunggulan website akan segera terjadi maka diperlukan keterampilan khusus untuk dapat bersaing.
Pembelajaran hendaknya turut memasukkan aktivitas yang membina keterampilan siswa /mahasiswa agar mereka dapat sukses di era digital, wallahua'lam